Search

Kemendag Dorong Peningkatan Penjualan Produk UMKM melalui Content-Creator Marketing

  Dengarkan Berita Ini

Kementerian Perdagangan berkolaborasi dengan Paragon Corp membuka Program bagi UMKM untuk meningkatkan kapasitasnya dalam membuat content yang menarik bagi produknya melalui Content-Creator Marketing di Paragon Community Hub, 6 November 2025.


Direktur Pemasaran Produk Dalam Negeri menekankan bahwa Program peningkatan kapasitas UMKM dalam membuat konten yang inovatif dan menarik bagi produknya merupakan bagian dari upaya akselerasi transformasi digital UMKM dan menciptakan peluang ekonomi baru melalui cara marketing yang inovatif.

Tercatat 43% konsumen mencari informasi produk melalui media sosial sebelum memutuskan untuk membeli. Perilaku ini memperlihatkan bahwa strategi pemasaran berbasis konten menjadi semakin penting dalam membangun kepercayaan konsumen. Oleh karenanya Perlu menyiapkan para UMKM untuk beradaptasi dengan inovasi pemasaran digital.

Program yang diikuti para UMKM terkurasi dari sektor Makanan dan Minuman, Fesyen dan Craft ini diharapkan dapat membantu para UMKM dalam menciptakan konten yang menarik sebagai media promosi bagi produknya sekaligus meningkatkan penjualan produknya.

Media sosial kini telah berkembang menjadi sarana penting pemasaran bagi para UMKM. Dengan lebih dari 167 juta pengguna aktif, media sosial memiliki potensi luar biasa untuk memperkenalkan produk lokal kepada pasar yang lebih luas. Oleh karenanya, perlu membekali para UMKM dalam memperkuat strategi promosi melalui media sosial salah satunya melalui pembuatan konten yang menarik dan inovatif.