Bogor, 27 Agustus 2024 – Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (Direktorat P3DN) menggelar Workshop Digital Branding yang berlangsung di Hotel Salak The Heritage, Bogor. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan pendampingan bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sebagai agen inovasi perdagangan digital. Sebanyak 250 pelaku UMKM dari Provinsi Jawa Barat dan DKI Jakarta hadir dalam acara tersebut. Mereka merupakan hasil kurasi dari 1.134 pendaftar yang ingin mengikuti workshop ini. Workshop ini menghadirkan beberapa narasumber, di antaranya Krisna Ariza (Direktur P3DN, Kemendag), Budi Primawan (Vice President Government Relations, Lazada), Rudi Iskandar (Kepala UPTD BPSMB Keramik dan Tabung Gas Bogor/perwakilan Kepala Disperindag Jabar), Goldyantono (Praktisi Fotografi), Muhammad Aditya (Praktisi Digital Marketing), Yoshi Makalu (Content Creator), Arif Wicaksono (Praktisi Digital Marketing), serta Mira Nur Gandaniati (Praktisi Reseller dan Affiliate Marketing). Para peserta workshop mendapatkan materi beragam yang meliputi pembuatan konten foto dan video, optimalisasi platform marketplace, strategi konten marketing, serta pemanfaatan program reseller dan affiliate marketing. Tak hanya itu, dari 250 pelaku UMKM yang hadir, sebanyak 40 peserta akan dipilih untuk mendapatkan fasilitasi pemodalan sebagai bentuk dukungan konkret dalam memperkuat inovasi digital mereka di pasar. Kegiatan ini diharapkan dapat membantu UMKM lebih siap menghadapi tantangan di era digital dan memaksimalkan potensi produk dalam negeri di berbagai platform digital.
Budi Primawan, Vice President Government Relations Lazada
Rudi Iskandar, Kepala UPTD BPSMB Keramik dan Tabung Gas Bogor
Krisna Ariza, Direktur P3DN
Goldyantono, Praktisi Fotografi
Muhammad Aditya, Praktisi Digital Marketing
Yoshi Makalu, Content Creator
Arif Wicaksono, Praktisi Digital Marketing
Mira Nur Gandaniati, Praktisi Reseller dan Affiliate Marketing
Peserta
Peserta
Peserta
Peserta