Jakarta, 8 Agustus 2024 – Dalam rangka merayakan Hari Gim Indonesia yang dicanangkan setiap 8 Agustus, pemerintah Indonesia dengan bangga mempersembahkan inisiatif untuk mendukung dan mempercepat perkembangan industri gim lokal. Puncak Hari Gim Indonesia HARGAI diselenggarakan di Balairung Gd. Sapta Pesona, Kemenparekraf, diisi acara ‘Mabar’ main bareng gim lokal, dihadiri perwakilan Kementerian/Lembaga, industri, asosiasi, mahasiswa dan media. Acara ini menjadi momentum untuk mengangkat industri gim tanah air dengan memberikan apresiasi kepada delapan gim lokal terpilih. Selain itu, diberikan apresiasi kepada mitra distribusi channel diantaranya Google, Meta, Apple, Tiktok, Blibli, Bukalapak, Lazada Indonesia, Tokopedia, Shopee Indonesia, Lapak Gaming, Itemku, dan jaringan ritel seperti Alfamart dan Indomaret. Mitra ini ikut berpartisipasi mendukung akses pasar untuk mempromosikan gim-gim lokal. Melalui Hari Gim Nasional, Kemendag bersama Kemenparekraf, Kemenkominfo, Kemenkumham, dan KPAI telah memilih delapan gim lokal terpilih untuk mendapatkan promosi dari pemerintah. Delapan gim lokal tersebut dipilih karena memenuhi kriteria salah satunya mengangkat kearifan budaya Indonesia dan memiliki konten yang edukatif. Adapun gim yang terpilih tersebut, yakni Lokapala (Anantarupa Studios, Jakarta), Where Is My Cat (SLAB Games, Bali), Marbel TK PAUD, (Educa Studio, Salatiga) Selera Nusantara (Gambir Studio, Sleman), Dadoo (Algorocks, Malang), Epic Conquest (Gaco Games, Surakarta), Paw Rumble (Grinsmile Studio, Surabaya), serta Warteg Gelora (Megaxus Infotech, Jakarta). Diharapkan dari kegiatan ini industri gim nasional dapat berkontribusi tinggi terhadap perekonomian lndonesia, baik terhadap output perekonomian, nilai tambah pendapatan negara, maupun penyerapan tenaga kerja serta diharapkan dapat menyebarkan nilai kebangsaan dan melestarikan kearifan lokal secara menarik dan kreatif.