Logo
 

Tentang Kami

Berdasarkan PERATURAN MENTERI PERDAGANGAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR : 08/M-DAG/PER/2/2016 TENTANG ORGANISASI DAN TATA KERJA KEMENTERIAN PERDAGANGAN MENTERI PERDAGANGAN REPUBLIK INDONESIA, Kementerian Perdagangan telah melakukan penyempurnaan organisasi yang didasarkan pada Peraturan Presiden Nomor 48 Tahun 2015 tentang Kementerian Perdagangan. Penyempurnaan organisasi tersebut termasuk diantaranya Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri yang memiliki tugas menyelengarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang penguatan dan pengembangan perdagangan dalam negeri. 

Untuk dapat melaksanakan tugas tersebut, perlu adanya penyesuaian nomenklatur untuk unit teknis setingkat Eselon II selaku pelaksana dari tugas Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri. Penyesuaian terjadi pada Direktorat Bina Usaha Perdagangan yang berubah menjadi Direktorat Bina Usaha dan Pelaku Distribusi, serta Direktorat Bahan Kebutuhan Pokok dan Barang Strategis menjadi Direktorat Barang Kebutuhan Dan Barang Penting. 

Selengkapnya susunan organisasi pada Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri sebagaimana berikut: 
a.    Sekretariat Direktorat Jenderal;
b.    Direktorat Bina usaha dan Pelaku Distribusi;
c.    Direktorat Sarana Distribusi dan Logistik;
d.    Direktorat Barang Kebutuhan Pokok dam Barang Penting; dan
e.    Direktorat Pengggunaan dan Pemasaran Produk Dalam Negeri.

Restrukturisasi Organisasi Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri diperlukan untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada seluruh pemangku kepentingan ditengah tantangan dan peluang perdagangan baik nasional maupun global yang harus dihadapi Indonesia, salah satunya pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015. 
Dalam melaksanakan Visi dan Misi Presiden, Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri mengemban amanah (1) mewujudkan kestabilan harga dan keterjangkauan barang kebutuhan pokok dan barang penting; (2) meningkatnya konsumsi produk dalam negeri; serta (3) mewujudkan tertib usaha di bidang perdagangan dalam negeri. 
Beberapa program utama yang diusung Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri pada tahun 2015- 2019 adalah: 

  1. Pengembangan Kapasitas Logistik Perdagangan dan Sarana Distribusi Perdagangan dengan sasaran utama tterbangunnya sarana perdagangan dalam rangka kelancaran distribusi barang kebutuhan pokok di wilayah indonesia termasuk wilayah;
  2. Peningkatan Kelancaran Distribusi Barang Kebutuhan Pokok dan Barang Penting dengan sasaran utama terlaksananya kebijakan dan bimbingan teknis dalam rangka peningkatan kelancaran distribusi dan stabilisasi harga barang kebutuhan pokok dan barang penting;
  3.  Pengembangan Kelembagaan dan Pelaku Usaha Distribusi Perdagangan dengan sasaran meningkatnya kemudahan dan kesempatan berusaha dalam perdagangan dalam negeri;
  4.  Pemberdayaan Dagang Kecil, Menengah dan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri dengan sasaran utamanya meningkatnya  kreativitas, kapasitas, dan kompetensi UMKM perdagangan serta penggunaan produk dalam negeri; dan 
  5. Pengembangan Perdagangan Dalam Negeri Daerah dengan sasaran meningkatnya dukungan daerah dalam rangka pencapaian sasaran prioritas nasional di bidang perdagangan dalam negeri. 

 

Struktur Organisasi Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri:

 

 

Struktur Organisasi Unit Eselon II Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri:

1. Sekretariat Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri
2. Direktorat Bina Usaha dan Pelaku Distribusi
3. Direktorat Barang Kebutuhan Pokok Dan Barang Penting
4. Direktorat Sarana Distribusi dan Logistik
5. Direktorat Penggunaan dan Pemasaran Produk Dalam Negeri