F.A.Q








1. AKU CINTA INDONESIA (ACI)

  • 1. Apa yang dimaksud dengan ACI?

  • ACI (Aku Cinta Indonesia ) adalah gerakan untuk menggugah rasa bangga terhadap produk Indonesia. 

    . top


  • 2. Apa tujuan gerakan Aku Cinta Indonesia?

  • Untuk meningkatkan pemahaman dan mendorong masyarakat dalam menghargai, mencintai dan menggunakan produk dan jasa-jasa dalam negeri

    . top


  • 3. Apa makna logo 100% cinta Indonesia?

  • Merupakan siluet sedang merangkul, mengajak, membimbing, membina dengan penuh kasih. Selain itu siluet ini juga dapat bermakna “love”, terlihat sangat jelas mewakili icon tersebut. Menggambarkan bahwa tidak hanya peduli namun betul-betul cinta dengan brand/produk lokal.

    Warna Merah:
     respon psikologinya adalah menunjukkan power/kekuatan, energy, kehangatan, cinta, agresi, berpendirian, dinamis, percaya diri. Selain itu, menandakan warna bendera kita. Dengan demikian warna ini akan menjadi lebih menarik saat dilihat mata dan meningkatkan nafsu daya beli atas brand/produk sehingga memiliki kepercayaan diri yang tinggi karena menarik perhatian masyarakat.

    Warna Abu-abu:
     respon psikologinya adalah intelek, masa depan, kesederhanaan. Ketika warna utama “merah” digabungkan dengan abu-abu maka akan menjadi warna yang kuat dan melengkapi satu sama lain. Diharapkan di masa yang akan datang brand/produk Indonesia dapat memasyarakat. Sehingga para pebisnis lokal memiliki masa depan yang cerah dan daya saing yang matang.

    Kesan:
     merupakan “sosok” yang dapat mentransfer spirit ke masyarakat untuk lebih mencintai brand/produk local. Karena brand/produk tersebut tidak hanya dapat membantu para pelaku bisnis namun dapat meningkatkan perekonomian bangsa agar lebih maju kedepannya. Lebih mandiri, lebih kokoh dibanding brand/produk lain di pasaran. Berawal dengan menggunakan, lalu menjadi peduli, lalu beranjak mencintai, kemudian menjadi pengguna sejati brand/produk lokal. Melalui logo ini harapan bangsa dapat tertumpu di sana. Tidak hanya menjadi mandiri namun bersama-sama menjadi bangkit, sehati dalam memajukan perekonomian bangsa. Disamping itu logo tersebut terkesan sangat elegan, tidak murahan, mandiri, dan sangat mengerti atau bahkan menjiwai hati masyarakat sehingga menjadi tahu akan kebutuhan utama masyarakat sebagai pengguna brand/produk tersebut.

    Kelebihan:
     Logo ini dapat berdiri sendiri, hanya dengan siluet pun pada saat masyarakat sudah mengerti makna logo tersebut maka, “100% Indonesia” tidak mutlak mendominasi siluet tersebut. Tujuannya adalah agar masyarakat tidak menjadi segan ketika ingin mengaplikasikan logo “siluet” tersebut ke dalam barang promosi yang ada.

    . top


  • 4. Untuk apa dilakukan kampanye gerakan Aku Cinta Indonesia?

  • Kampanye ini dilakukan karena pemerintah menginginkan hadirnya produk-produk Indonesia yang memiliki mutu baik serta harga bersaing dan agar masyarakat lebih mencintai produk dalam negeri. Disamping itu untuk lebih memberikan dorongan bagi pengembangan ekonomi kreatif / industri kreatif dan industri kerajinan / handicraft.

    . top


2. REVITALISASI PASAR

  • 1. Apa yang dimaksud dengan Revitalisasi Pasar?

  • Revitalisasi pasar berarti perubahan pasar secara fisik dan pengelolaanya secara moderen yang ditujukan untuk memacu pertumbuhan pasar dengan menyelaraskan pasar dengan lingkunganya, dan sesuai dengan tuntutan kebutuhan masyarakat

    . top


  • 2. Hal apa saja yang diharap dapat diwujudkan dengan adanya Revitalisasi Pasar?

    1. Adanya perubahan "wajah" pasar tradisional menjadi bisa lebih higienis, lebih nyaman dan lebih teratur.
    2. Lebih mengutamakan kepentingan para pedagangnya dan konsumen.
    3. Dapat mendorong kesadaran pedagang dalam melakukan sanitasi lingkungan, kesehatan dan menjual produk yang hygienis.
    4. Dapat mendorong kesadaran masyarakat dan pedagang akan pentingnya atribut mutu dan keamanan produk.
    . top


  • 3. Mengapa harus ada revitalisasi pasar?

  • Karena banyaknya pasar modern seperti minimarket, supermarket bahkan hypermarket di kota metropolitan bahkan sudah merambah sampai kota kecil di tanah air, dan adanya tuntutan dan konsekuensi dari gaya hidup modern yang berkembang di masyarakat kita. Untuk itu revitalisasi pasar perlu dilakukan agar pasar tradisionil dapat bersaing dengan pasar modern, disamping itu pasar tradisional menyimpan peran penting bagi masyarakat luas yang tidak dapat sepenuhnya digantikan oleh pasar-pasar modern.

    . top