Siaran Pers



Kemendag Jamin Tahu dan Tempe Tetap Tersedia di Masyarakat

Jakarta, 31 Desember 2020 – Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan Suhanto menegaskan, stok kedelai cukup untuk kebutuhan industri tahu dan tempe nasional. Oleh karena itu, Kementerian Perdagangan menjamin tahu dan tempe tetap tersedia di masyarakat.


Selengkapnya


Optimalkan Perdagangan Dalam Negeri, Kemendag Gelar Forum Sosialisasi Kebijakan dan Hibahkan Pasar Rakyat ke Pemerintah Daerah

Bandung, 29 Desember 2020 – Kementerian Perdagangan berkomitmen meningkatkan perdagangan dalam negeri. Komitmen ini ditunjukkan Kemendag melalui Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri dengan menggelar “Forum Sosialisasi Kebijakan Bidang Perdagangan Dalam Negeri” serta “ Penandatanganan Naskah Hibah dan Berita Acara Serah Terima Barang Milik Negara” yang berlangsung hari ini , Selasa (29/12) di Bandung, Jawa Barat.


Selengkapnya


Kemendag Gandeng Tokopedia Tingkatkan Daya Saing Pasar Rakyat Melalui Digitalisasi Pasar Rakyat

Bandung, 29 Desember 2020 - Kementerian Perdagangan berkomitmen meningkatkan daya saing pasar rakyat, salah satunya melalui program Digitalisasi Pasar Rakyat. Hal ini ditujukan agar pasar rakyat dapat berkompetisi dengan pusat perbelanjaan moderen serta mampu menjadi penggerak perekonomian daerah.


Selengkapnya


Jalin Kerja Sama Kembali dengan Perhotelan dan Perbankan, Kemendag Dorong Pemberdayaan UMKM di Jawa Barat

Bandung, 29 Desember 2020 – Kementerian Perdagangan kembali menandatangani perjanjian kerja sama untuk mendorong pemberdayaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dengan grup perhotelan Accor PT AAPC Indonesia, PT Bank Negara Indonesia (Persero), dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Penandatanganan disaksikan secara langsung oleh Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga di hotel Pullman Bandung Grand Central, Bandung, Jawa Barat, hari ini, Selasa (29/12).


Selengkapnya


Tingkatkan Daya Saing UMKM Kalimantan Timur, Kemendag Gandeng Sektor Perhotelan, Akomodasi, dan Perbankan

Balikpapan, 22 Desember 2020 – Kementerian Perdagangan bersama PT AAPC Indonesia (Accor) dan PT Bank Negara Indonesia (BNI) kembali menegaskan komitmennya dalam mendukung peningkatan daya saing dan transformasi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam pemasaran produk dan pembiayaan usaha. Komitmen ini diimplementasikan melalui Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Pengembangan Pemberdayaan UMKM di Sektor Perdagangan melalui Pemanfaatan Fasilitas Perhotelan dan Jasa Akomodasi serta Penyediaan Layanan Perbankan di wilayah Kalimantan Timur.


Selengkapnya


Berikan Penghargaan Video Pernak-Pernik Unik Terbaik, Mendag: Dorong UKM Manfaatkan Pemasaran Digital

Jakarta, 15 Desember 2020 – Kementerian Perdagangan bersama PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk memberikan penghargaan kepada 23 pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) pemenang lomba video pernak-pernik unik secara virtual di kantor Kementerian Perdagangan, hari ini, Selasa (15/12). Para pemenang terbagi atas 3 pemenang terbaik dan 20 pemenang harapan. Penganugerahan penghargaan ini merupakan puncak rangkaian kegiatan Bangga Buatan Indonesia (BBI) Kementerian Perdagangan.


Selengkapnya


Benahi Data Perdagangan Antarpulau Guna Tingkatkan Integrasi Pasar Dalam Negeri, Kemendag Luncurkan Permendag No. 92/2020

Jakarta, 10 Desember 2020 – Kementerian Perdagangan meluncurkan Peraturan Menteri Perdagangan No. 92 Tahun 2020 tentang Perdagangan Antarpulau sebagi upaya untuk terus menata aktivitas perdagangan antarpulau dengan penerapan ekosistem logistik nasional (National Logistic Ecosystem/NLE). Permendag No.92 Tahun 2020 yang diundangkan pada 12 November 2020 ini akan mulai berlaku satu tahun setelah diundangkan, yaitu pada 10 November 2021. Peluncuran Permendag No. 92 Tahun 2020 dilakukan hari ini, Kamis (10/12), di Kantor Kementerian Perdagangan dan dilakukan secara virtual.


Selengkapnya


11 UKM Berhasil Bawa Produk Diversifikasi Tembus Pasar Internasional

Jakarta, 8 Desember 2020 – Dalam kegiatan “Pelepasan Ekspor ke Pasar Global” oleh Presiden RI Joko Widodo yang dilaksanakan pada Jumat (4/12), terdapat 11 pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) dengan produk hasil diversifikasi. Kegiatan pelepasan ekspor ini dilakukan secara serentak di Lamongan, Jawa Timur; Boyolali, Jawa Tengah; Sunter, DKI Jakarta, dan sejumlah kota lain yang tersebar di 16 provinsi di Indonesia.


Selengkapnya


Tingkatkan Kapasitas Pedagang, Kemendag Gencarkan Sekolah Pasar

Denpasar, 26 November 2020 – Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menegaskan bahwa Kementerian Perdagangan akan terus melakukan penguatan pasar rakyat, baik fisik maupun nonfisik. Salah satu upaya nonfisik melalui peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) di pasar rakyat, terutama pedagang melalui program Sekolah Pasar.


Selengkapnya


Jaga Pasokan dan Harga Bapok Jelang Natal dan Tahun Baru, Mendag Agus: Tingkatkan Sinergi Pemerintah Pusat dan Daerah

Bali, 26 November 2020 – Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menekankan pentingnya sinergi pemerintah pusat dan daerah guna menghadapi potensi kenaikan permintaan barang kebutuhan pokok (bapok) menghadapi hari besar keagamaan nasional (HBKN). Hal ini disampaikan Mendag  Agus dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Barang Kebutuhan Pokok menjelang Natal 2020  dan Tahun Baru 2021 di Sofitel Bali Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, hari ini, Kamis (26/11).


Selengkapnya



123Last ›